Cari Blog Ini

Sabtu, 11 Februari 2012

Amankan akun facebook dengan mudah

Akhir-akhir ini sering menemui akun facebook orang yang dibobol. Dan gue rasa si pemilik tidak serius melindungi akunnya, padahal mengamankan akun sangat mudah dan tentu akan aman. Gak hanya facebook, akun lain pun harus dilindungi, jangan pernah mengabaikan saran yang diberikan.
Sebagai langkah awal yang harus diperhatikan bahwa e-mail adalah kunci dari akun facebook, jadi setiap ada masalah pasti larinya ke e-mail karena pemberitahuan dikirimkan. Untuk mengamankan e-mail yang baru daftar akan ada beberapa isian pengaman, baik berupa e-mail ke-2 atau pun pertanyaan pengaman.
Misalnya jika memakai gmail jangan abaikan isian e-mail opsional, buatlah akun rahasia yang sandinya susah ditebak, nah bahasa alay ada gunanya juga disini. Dan isilah dengan e-mail pribadi yang rahasia, agar dapat menyelesaikan setiap masalah. Setelah masuk e-mail bukalah pengaturan akun, isilah nomor ponsel sebagai pengaman ke-2 setelah e-mail rahasia. Misalnya untuk reset sandi.
Untuk e-mail lain sebaiknya gunakan yang memberikan pertanyaan pengaman, misalnya yahoo. Isilah dengan bahasa alay, karena jika jawaban benar dan mudah ditebak maka gampang dibobol. Dan isi juga e-mail opsional dengan e-mail rahasia.
Lanjut ke facebook, selain e-mail yang harus aman perhatikan juga pengaman lain seperti nomor ponsel dan pertanyaan pengaman facebook.Jangan terlalu benar jawaban pertanyaan, misalnya 'Dimana ibu dilahirkan?' sebagai contoh jawablah'D1m4na-man4'. Sangat penting jika lupa sandi dan tentu lebih aman.
Selanjutnya buatlah e-mail lain dan rahasia, tambahkan ke akun facebook. Jangan hanya satu e-mail agar akun lebih terjaga keamanannya. Yang tak kalah penting, jangan sembarangan klik link aneh mencurigakan, misalnya akan diberi hadiah kredit, aplikasi seru dll. Jika tidak merasa perlu abaikan saja dan hapus, juga jangan sembarangan bercakap dengan orang asing, bisa saja menyebarkan tautan dan akhirnya terjebak.
Dan sebaiknya memberikan info pribadi seperlunya saja. Jangan terlalu terbuka untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, misalnya album foto dan e-mail disembunyikan.
Jangan tergiur dengan orang lain, misalnya jadian di facebook dan demialasan kesetiaan saling tukar sandi. Ini berbahaya jika tidak mengenal baik dan bertatap muka langsung, dan sebaiknya hargai hak masing-masing untuk menjaga apa yang dimilikinya. Dan tidak semestinya saling tukar sandi dll.
Yang penting lagi jangan mencari musuh, bisa saja dengan segala cara ingin merusak akun. Misal menjadi mata-mata yang menyamar.
Mulailah dari sekarang demi keamanan jika merasa akun sangat penting, jangan sampai terlambat.
Iya kalau bisa balikin, nah kalau gak bisa lagi? ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar