Cari Blog Ini

Rabu, 30 November 2011

Jangan Minum Kopi Sesudah Makan

Terkadang setelah makan, baik itu makan siang maupun makan malam, beberapa dari kita suka minum kopi. Memang sih nikmat, tapi ternyata minum kopi sesudah makan itu tidak baik untuk kesehatan.
Para peneliti dari University of Guelph di Canada memperingatkan, minum kopi setelah mengonsumsi makanan berlemak bisa meningkatkan kadar gula darah hingga dua kali lipat. Tuh kan.. 2 kali lipat loh…
Kok bisa? Rupanya, lemak dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi insulin dan mendistribusikannya ke otot-otot sehingga memicu gula darah naik ke tingkat yang berpotensi membahayakan. Akibat tercampurnya lemak dengan kopi berkafein, dapat merusak komunikasi antara usus dan pankreas.
Pernyataan ini dibuktikan melalui penelitian dimana para peneliti tersebut meminum 2 cangkir kopi berkafein 5 jam setelah mencerna makanan berlemak. Hasilnya, mereka mendapati bahwa kadar gula darahnya 32% lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengonsumsi makanan atau minuman berlemak.
Nah.. Jadi berikan jeda waktu yang agak panjang untuk minum kopi jika sebelumnya makan makanan berlemak. Diatas 5-6 Jam adalah waktu yang efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar