Cari Blog Ini

Rabu, 30 November 2011

tip menghadapi ujian nasional

Pelajar mana sih yang tidak takut menghadapi ujian nasional ? Semua pelajar pasti memiliki rasa takut ketika berhadapan dengan yang namanya Ujian Nasional, karena ujian inilah yang menentukan hasil belajar kita selama bertahun-tahun untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Selama 6 tahun (SD), 3 Tahun (SMP dan SMA) kita belajar, menuntut ilmu, namun segiat-giatnya kita belajar selama bertahun-tahun itu, tapi nasib kelulusan dan kepandaian kita harus ditentukan dengan beberapa hari saja melalui ujian nasional. Memang rasanyam tidak adil. Namun, itulah tantangan yang harus kita lewati, karena memang sudah dari dahulu kalanya seperti itu. Hehehe :D
Dengan kondisi seperti ini, dalam diri kita pastilah ada semacam kekhawatiran berlebihan dalam menghadapi ujian nasional yang justru hal tersebut akan merusak mental dan otak kita karena semuanya itu tergantung pada pikiran kita. Ingat bahwa pikiran adalah kunci dari segala sesuatu yang akan kita lakukan.
Berikut ada beberapa tips dan trik untuk persiapan sebelum Ujian Nasional :
1. Perbanyak Aktivitas Pendekatan Diri Pada Tuhan
Semua usaha untuk meraih hasil yang diinginkan harus juga dilakukan secara lahir dan batin, semakin mendekatkan diri pada Tuhan. Sehabis ujian pun, kita harus tetap mendekatkan diri pada Tuhan loh yaa..
2. Restu Dari Keluarga
Ini penting sekali restu keluarga, mintalah doa dari kedua orang tua kita, orang yang anda kenal, orang terdekat kita, sebelum berpamitan dulu dengan kedua orang tua.
3. Siapkan mental Dan Fisik Anda
Persiapkan mental anda dan fisik anda jangan sampai sakit.
4. Buat Jadwal Kegiatan Dirumah Anda
Jadwal yang teratur, membuat pikiran kita jadi tenang, dan fisik kita tidak akan lelah.
5. Belajar Tekun Dan Teratur
Usahakan belajar Dirumah 2X sehari. Dan utamakan sering belajar.
6. Ikutilah Program Bimbel (bimbingan belajar)
Sebaiknya anda ikutan bimbel saja jika tidak terlalu yakin dengan apa yang anda pelajari dan bingun mesti mulai belajar darimana.
7. Latihan Soal
8. Diskusi Bersama Teman (Bukan berarti ngerumpi dan diskusinya pindah ke Mall)
9. Istirahat Teratur
10. Berdoa
Sumber : KasKus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar